Rekomendasi Buku K3 di iPusnas yang Berkualitas

Setelah mengetahui bagaimana cara daftar di iPusnas dan melihat ribuan jenis buku yang dapat Anda baca. Mungkin Anda akan merasa kebingungan atau kewalahan jika harus menyortir satu per satu, mana buku K3 di iPusnas yang perlu Anda baca.

Nah, untuk memudahkan Anda yang masih bingung mencari buku yang bagus terkait K3 di iPusnas, artikel kali ini akan memuat rekomendasi buku K3 di iPusnas yang perlu Anda ketahui dan baca tentunya.

10 Rekomendasi Buku K3 Terbaik di iPusnas

Ok langsung saja, berikut ini rekomendasi buku K3 terbaik di iPusnas:

1. Talking Safety and Health

Buku Talking Safety & Health
Cover Buku Talking Safety & Health

Rekomendasi buku K3 di iPusnas yang pertama adalah buku karya Mas Syamsul Arifin. Judul lengkap dari buku ini adalah Talking Safety and Health Bunga Rampai Artikel Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Buku K3 setebal 214 halaman ini akan membuat Anda menyelami berbagai perspektf-perspektif baru dalam dunia K3.

Walaupun isi buku ini merupakan kompilasi dari berbagai artikel namun pembahasannya didasari oleh berbagai referensi dan penelitian ilmiah terupdate. Sebagai contoh Anda dapat menemui pembahasan tentang just culture, human error dan human performance.

Selain itu, Anda juga akan disuguhkan pemahaman akan keselamatan publik, seperti: apa yang sebaiknya Anda lakukan jika terjadi kondisi darurat (banjir, terorisme dll), juga dalam bidang kesehatan yang mengupas tuntas efek buruk smartphone yang dapat menyebabkan kecemasan berlebihan.

Jadi, buku ini tidak hanya diperuntukkan kepada orang-orang yang akan dan sudah berkecimpung di dunia K3 saja, tetapi juga untuk masyarakat umum.

Oh iya, khusus untuk Anda yang ingin memulai karir dan belajar K3, sangat saya sarankan untuk mengunjungi website milik Syamsul Arifin di sini, sebab ada banyak insight-insight dari baliau yang akan Anda temui.

Baca juga:
10 Pengertian K3 Terlengkap yang Harus Anda Ketahui

2. Risk Based Behavioral Safety

Buku Risk Based Behavioral Safety
Cover Buku RBBS

Buku K3 Risk Based Behavioral Safety: Membangun Kebersamaan untuk Mewujudkan Keunggulan Operasi ini terdiri dari 5 bab dan 290 halaman.

Ditulis oleh Dr. F. A. Gunawan dan Dr. Waluyo Martowiyoto, yang sudah tidak dapat diragukan lagi kepiawaiannya, pakar dalam bidang K3. Membahas berbagai segi budaya K3, termasuk langkah untuk membangunnya, tahapan perkembangan budaya K3 di perusahaan, berbagai bentuk budaya K3 di perusahaan, dan peran pimpinan dalam proses pembentukan budaya K3 yang dibutuhkan perusahaan.

Buku kesehatan dan keselamatan kerja ini menjelaskan bahwa salah satu manifestasi budaya perusahaan adalah perilaku dari anggota organisasi. Oleh karena itu, dalam memperkuat budaya K3, perlu juga diterapkan kegiatan K3 yang didasarkan pada perilaku, yang dikenal dengan sebutan Risk Based Behavioral Safety (RBBS). Agar program RBBS ini berhasil, diperlukan kerja sama, baik di antara pekerja maupun pimpinan dan pekerja.

Program RBBS akan berhasil memperkuat budaya K3 jika dalam perusahaan tersebut terdapat rasa saling percaya dan keterbukaan informasi, yang di kenal dengan “Budaya Adil” (Just Culture), yang juga akan diulas dalam buku ini.

Hal menarik dalam pembahasan di buku ini yaitu penulis kerap kali menyuguhkan jokes seperti “manusia dan alat tidak turun dari langit”, “Mengilustrasikan seseorang dengan nama John Bejo”, “jangan serahkan nasib anda pada kucing meong” dan sebagainya hihihi. Very recommended!

Baca juga:
Kepemimpinan Menurut Ahli K3 Kelas Dunia

3. 70 Materi Safety Talks

Rekomendasi Buku K3 70 Materi Safety Talks
Cover Buku K3 70 Materi Safety Talks

Rekomendasi buku K3 di iPusnas yang tidak kalah menarik adalah buku berjudul “70 materi safety talk”. Menyajikan materi safety talks yang dapat digunakan di tempat kerja.

Hasil karya dua anak muda jebolan Universitas Indonesia ini sangat bagus dibaca untuk Anda yang sedang kebingungan mencari ide terkait materi safety talks.

Adapun review lengkap buku ini dapat Anda baca pada artikel sebelumnya yang berjudul “Bingung Cari Materi Safety Talks? Yuk Baca Buku ini!

Anda juga dapat mengunjungi website kedua penulis buku K3 ini untuk mendapatkan beragam informasi seputar K3 di:

Baca juga:
Apa itu Sick Building Syndrome, Berbahayakah?

4. Improving Our Safety Culture

Buku Improving Our Safety Culture
Buku Improving Our Safety Culture

Seperti judulnya Improving Our Safety Culture: Cara Cerdas Membangun Budaya Keselamatan yang Kokoh, buku K3 ini memang dikhususkan untuk memahami step by step dalam membangun budaya keselamatan di suatu organisasi.

Dijelaskan secara metodis proses meningkatkan budaya keselamatan yang baik bisa dilakukan melalui tiga tahap berurutaan:

  • sosialisasi sebagai pembelajaran,
  • internalisasi, dan
  • enkulturasi terhadap perilaku dan praktik keselamatan.

Metode tersebutlah yang ingin penulis sampaikan di dalam buku ini.

Untuk memudahkan pemahaman terhadap isi bukunya, maka suatu teori/konsep disajikan dalam bentuk ilustrasi atau cerita, yang berkaitan dengan praktik penerapan budaya keselamatan.

Sangat menarik dan wajib Anda baca untuk mempelajari fundamental safety culture!

Baca juga:
Ini Cara Belajar SNI ISO 45001 Gratis di BSN, Sudah Tahu Belum?

5. Man Behind The Scene Aviation Safety

Buku Man Behind The Scene Aviation Safety
Cover Buku Man Behind
The Scene Aviation Safety

Rekomendasi buku K3 di iPusnas yang ke lima adalah Man Behind The Scene Aviation Safety. Ya, Anda benar, ini akan membahas tentang keselamatan transportasi, khususnya keselamatan air traffic controller (ATC) di industri aviasi.

Pengendali lalu lintas udara atau biasa disebut dengan “Air Traffic Controller” merupakan pekerjaan yang mempunyai peran penting dalam pengendalian aktvitas perjalanan pesawat, mulai dari lepas landas, pengaturan rute perjalanan yang di lintasi, informasi cuaca yang diperoleh melalui Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), jarak pandang, arah angin, suhu tekanan udara, informasi keberadaan pesawat yang mengudara yang dipantau melalui radar, pengontrolan pendaratan pesawat (landing) melalui pemberian sinyal kepada pilot, hingga penetapan pelataran parkir pesawat atau Apron.

Baca juga:
Teknik 20 20 20 untuk Mencegah Kelelahan Mata, Yuk Terapkan!

Dari berbagai peran pentingnya, mencegah terjadinya tabrakan pesawat yang akan terbang maupun yang sedang mengudara adalah peran utama dari ATC, menjadikan buku kesehatan dan keselamatan kerja ini layak diselami.

Pada intinya, penulis buku ini berupaya untuk mengkaji K3 penerbangan yang berfokus pada psikologi penerbangan pada petugas air traffic controller.

Adapun yang dibahas di dalam buku ini adalah sebagai berikut: bab pertama membahas tentang man behind the scene: air traffic controller, bab dua tentang beban kerja air traffic controller, bab tiga tentang fatique, boredom, stress, & burnout, bab empat tentang safety performance, bab lima tentang work environment, bab enam membahas tentang hazard dan risiko psikologis, bab tujuh tentang derajat kesehatan, bab delapan tentang produktivitas ATC, bab sembilan tentang kualitas hidup pekerja, bab sepuluh iklim kerja, bab sebelas tentang ruang kerja, dan terakhir bab dua belas tentang musculoskeletal disorders (MSDS).

Menarik, kan?

Baca juga:
Review Buku Pengukuran Kinerja K3

6. Manajemen Keselamatan Operasi

Buku Manajemen Keselamatan Operasi
Cover Buku MKO

Buku dengan 4 bab dan 349 halaman ini menyuguhkan pemahaman terkait Manajemen Keselamatan Proses (MKP) atau di dalam buku ini disebut dengan Manajemen Keselamatan Operasi (MKO).

Uraian pada buku ini merujuk pada MKP dari OSHA, namun penjelasan di setiap unsur MKP yang dibahas, juga akan menguraikan unsur yang dijelaskan oleh CCPS ataupun API 750. 

Bab 1 membahas tentang Landasan Keselamatan Operasi. Bab 2 membahas tentang Sistem Manajemen Keselamatan Kerja, termasuk Root Cause Incident, Domino Model dari Frank E. Bird Jr kaitannya dengan Manajemen Keselamatan. Adapun unsur pengendalian risiko akan dibahas secara terperinci pada bab 3 Unsur MKO. Aspek proses pengelolaan (PDCA) akan dibahas secara terperinci dalam bab 4 dalam hal ini Penerapan MKO.

Tentu saja buku yang ditulis oleh F.A. Gunawan, Fatma Lestari, Audist Subekti, dan Ismet Somad ini tidak boleh Anda abaikan begitu saja. Terlebih Anda yang sedang berkecimpung di industri proses.

Baca juga:
Keselamatan Proses Berbasis Risiko (RBPS)

7. Keselamatan & Kesehatan Kerja Kelautan

Buku Keselamatan & Kesehatan Kerja Kelautan
Buku Keselamatan & Kesehatan Kerja Kelautan

Mengapa buku ini menjadi salah satu buku K3 di iPusnas perlu Anda baca?

Mengingat sekitar 62% luas wilayah Indonesia adalah laut dan perairan, maka buku yang ditulis oleh seorang dosen K3 di Universitas Hasanuddin sudah sepantasnya menjadi salah satu rekomendasi buku K3 di iPusnas yang harus Anda baca.

Adapun yang dibahas di dalam buku ini adalah tentang dunia K3 pada seafers, fishers, dockworkers, berbagai masalah K3 yang ada di kelautan Indonesia dan beberapa kajian dari penelitian yang dilakukan oleh penulis.

Jadi, untuk Anda yang berkecimpung di dunia laut melaut jangan sampai tidak baca buku K3 yang satu ini ya hehehe …

Baca juga:
Sejarah SMK3 (Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja) di Dunia

8. Ergonomi dan K3 (Kesehatan Keselamatan Kerja)

Buku Ergonomi dan K3 (Kesehatan Keselamatan Kerja)
Cover Buku Ergonomi dan K3 (Kesehatan Keselamatan Kerja)

Buku ini merupakan salah satu buku K3 yang paling populer di iPusnas. Betapa tidak, hingga tanggal 5 Maret 2022 para pengguna iPusnas telah meminjam buku ini sebanyak 1205 kali. Woow, fantastis!

Selain karena judul bukunya yang sangat mudah ditemukan di iPusnas, buku ini membahas hal-hal dasar K3, seperti hubungan ergonomi dengan kesehatan dan keselamatan kerja.

Bagi saya buku ini cukup baik dijadikan sebagai suplemen tambahan untuk para mahasiswa dalam menyelami keilmuan K3 dan ergonomi.

Baca juga:
Review Buku Teori dan Aplikasi Promosi Kesehatan di Tempat Kerja

9. Manajemen Risiko Berbasis ISO 31000:2018

Buku Manajemen Risiko Berbasis ISO 31000 2018
Cover Buku Manajemen Risiko

Pemahaman “without a hazard, there is no risk” tentu sudah mendarah daging bagi Anda yang mempelajari K3. Anda mengelola risiko dari bahaya yang ada. Dalam mengelola risiko tersebut Anda perlu mengidentifikasi bahaya yang Ada terlebih dahulu. Inilah bagian-bagian dari risk management (manajemen risiko).

Nah, bagi Anda yang sedang mencari dan mempelajari manajemen risiko atau ISO 31000, rasanya kurang kalau belum baca buku ini deh, kenapa? Karena ada banyak insight yang akan Anda dapatkan, seperti diterangkan apa hal baru (perbedaan mendasar antara ISO 31000 versi lama dengan versi terbaru).

Satu hal yang tidak akan Anda temukan jika hanya membaca ISO 31000 yaitu contoh kasus. Bagi saya, contoh real yang diberikan di buku Manajemen Risiko Berbasis ISO 31000:2018: Panduan untuk Risk Leaders dan Risk Practitioners sangat berharga dan akan memperkaya pemahaman serta mempermudah dalam memahami konsep manajemen risiko berbasis ISO 31000 khususnya bagi Anda pengambil keputusan dan risk practitioner.

Baca juga:
Download Segera, ISO 31000:2018 Manajemen Risiko – Panduan

10. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Sekolah

Buku K3 Sekolah
Cover Buku K3 Sekolah

Rekomendasi buku K3 di iPusnas yang terakhir yaitu buku yang membahas keselamatan dan kesehatan di sekolah.

Edukasi dan penerapan K3 merupakan never ending process yang perlu dikenalkan sejak usia dini. Inilah yang menjadikan buku ini sangat bagus untuk dibaca karena akan membantu guru di sekolah, orang tua, dan siapa pun yang ingin membantu terlaksananya nilai-nilai keselamatan dan kesehatan di lingkungan sekolah.

Buku yang ditulis oleh Prof. Dr. Qomariyatus Sholihah ini secara garis besar membahas dasar K3, penyakit akibat kerja, kecelakaan kerja dan pengaruh penerapan K3 di lingkungan sekolah, terutama pengaruhnya terhadap prestasi belajar.

Diharapkan dengan buku ini dapat menambah pemahaman tentang keselamatan dan kesehatan yang sangat diperlukan oleh siswa dan semua anggota sekolah sebagai upaya peningkatan keselamatan dan kenyamanan dalam kegiatan belajar mengajar.

Baca juga:
Pedoman Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi Tahun 2021

Penutup

Bahagia sekali rasanya buku-buku K3 sebagus ini dapat ditemukan dengan mudah melalui aplikasi iPusnas dan tentu saja dapat dibaca secara gratis.

Semoga ulasan 10 rekomendasi buku K3 di iPusnas tersebut bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.

Jadi, buku K3 mana saja nih yang sudah Anda baca? tulis di kolom komentar yaa …

Sharing is Caring

Andi Balladho

Andi Balladho Aspat Colle is certified Occupational Safety & Health (OSH) + professional Search Engine Optimization (SEO) in Indonesia. As OSH Enthusiast, he loves to learn and share articles about OSH.

You may also like...

1 Response

  1. Kamrul says:

    Terimakasih rekomendasi bukunya, sangat bermanfaat sekali. Beberapa juga sudah saya baca seperti RBBS dan manajemen risiko.

Leave a Reply

Your email address will not be published.