Review Buku Konsep Dasar Toksikologi Industri

Judul bukuKonsep Dasar Toksikologi Industri – Ebook
PenulisProf. Dr. dr. L. Meily Kurniawidjaja, M.Sc., Sp.Ok., dkk
PenerbitFakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia
TahunEdisi 1, Februari 2021
ISBN978-623-7768-26-5
Halamanxviii + 182 hlm ; 17,6 cm x 25 cm
GenreNon-fiksi (literatur)
HargaFree

Toksikologi industri sejatinya merupakan salah satu kajian di bidang K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja).

Kita mungkin sering mendengar istilah “All substances are poisons, there is none which is not a poison. The right dose differentiates a poison from remedy” atau ‘Semua zat adalah racun; tidak ada yang bukan racun. Namun, dosis yang tepatlah yang membedakan racun dari obat’.

Ya, istilah inilah yang kemudian menjadi salah satu prinsip dasar toksikologi bahkan dalam perjalanannya sangat berperan penting terhadap perkembangan keilmuan toksikologi itu sendiri.

Membaca buku ini me-recall ingatan pada pelajaran farmakologi yang pernah saya cicipi di bangku perkuliahan beberapa tahun silam. Ada kemiripankah? Iya sama sama gosipin “dosis-respons” hahaha. Jika farmakologi mempelajari bagaimana mendapatkan dosis terendah untuk menghasilkan efek terapi yang diharapkan. Maka toksikologi mempelajari dosis suatu bahan kimia untuk mendapatkan berapa dosis terendah (serendah apa pun) yang tidak memberikan efek farmakologis dari dosis yang dapat menyebabkan timbulnya efek racun.

Buku berharga yang terdiri dari 7 Bab

Cover buku konsep dasar toksikologi industri
Cover buku konsep dasar toksikologi industri

Meningkatnya penggunaan bahan kimia di Industri dan masyarakat semakin menunjukkan betapa buku toksikologi industri karya Prof. Meily ini begitu berharga. Bukan hanya karena gratis tetapi karena kita akan memperoleh informasi yang komperhensif bagaimana mekanisme bahan kimia dapat masuk kedalam tubuh, mengetahui efek toksik dan efek kesehatannya, sehingga kita dapat mengendalikan risiko terkait berbagai toksikan di industri.

Buku yang di-launcing bersamaan dengan buku Keselamatan kebakaran ini terdiri dari 7 Bab, yang secara detail membahas:

  • Bab 1 membahas tentang sejarah, definisi, ruang lingkup dan manfaat toksikologi pada umumnya dan toksikologi industri pada khususnya, diharapkan pembaca mendapatkan gambaran mengapa dan bagaimana toksikologi berkembang dan diterapkan.
  • Bab 2 membahas tentang pajanan, dosis dan hubungan dosis respons, serta faktor-faktor yang mempengaruhi pajanan
  • Bab 3 membahas tentang efek toksik bahan kimia serta gangguan kesehatan yang mungkin ditimbulkannya, menjadi dasar dari pertimbangan bagaimana kita dapat memanfaatkan bahan kimia secara aman dengan mempelajari dan menghindari efek toksiknya.
  • Bab 4 membahas secara intensif tentang toksikokinetik yaitu dimulai dengan adsorbsi toksikan ke dalam tubuh akibat pajanan di tempat kerja, distribusi toksikan di dalam tubuh, metabolisme atau biotransformasi yang dialami toksikan serta ekskresinya yaitu bagaimana  nasib bahan kimia dan metabolitnya dikeluarkan dari tubuh.
  • Bab 5 memperkenalkan tentang organ sasaran dari toksikan, antara lain paru-paru, kulit, ginjal, hati, sistem saraf, dan sistem pernapasan.
  • Bab 6 memperkenalkan tentang bahan kimia yang dapat merusak gen dan menimbulkan keganasan serta perbedaan karsinogen dengan zat toksikan lain.
  • Bab 7 memperkenalkan bagaimana dan untuk apa dilakukan uji toksisitas, kaitannya  dengan  penetapan  nilai  ambang batas di tempat kerja.

Kelebihan dan Tantangan membaca buku ini

Salah satu dari sekian banyak kelebihan yang dimiliki buku ini adalah ilustrasi/gambar/tabel. Jadi buat kamu yang lebih banyak menggunakan visual dalam belajar, buku dengan pembahasan yang lumayan berat ini masih terbilang menyenangkan.

Eitss, masih belum terasa menyenangkan? Buka situs berikut untuk lebih memahami kandungan isi buku konsep dasar toksikologi industri. Di situs tersebut ke 4 penulis buku ini akan memaparkan dalam bentuk audio visual.

Selain itu, karena buku ini dikhususkan sebagai buku literatur maka referensinya tentu akan sangat mudah ditelusuri.

Walau dikatakan bahwa “Buku Seri buku toksikologi industri bertujuan memberikan pemahaman yang komprehensif tentang toksikologi industri bagi para mahasiswa dan dapat dimanfaatkan pula oleh akademisi, praktisi kesehatan kerja di dunia usaha dan dunia kerja, dan profesional di bidang K3 maupun bidang lainnya”. Namun, bagi para pembaca yang tidak terlalu suka dengan biologi & kimia, mungkin perlu usaha ekstra untuk bisa memahami pembahasan di dalam buku ini.

Penutup

Terakhir, bila ingin lebih memahami seperti apa konsep dasar toksikologi industri. Maka pilihan paling tepat adalah membaca buku ini.

Nah, klik link berikut ini untuk mendownload ebook konsep dasar toksikologi industri!

Semoga bermanfaat ya

Sharing is Caring

Andi Balladho

Andi Balladho Aspat Colle is certified Occupational Safety & Health (OSH) professional in Indonesia. As OSH Enthusiast, he loves to learn and share an articles about OSH.

You may also like...

2 Responses

  1. Yayat Faerudy says:

    Bagus review-nya terlebih ebook gratis ya. Membantu sy yg ingin belajar toksikologi industri

    Thanks bang

  1. November 17, 2021

    […] Baca juga: Review Buku Konsep Dasar Toksikologi Industri! […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *