Review Buku Pengukuran Kinerja K3

Cover buku Pengukuran Kinerja Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Praktis)
Judul bukuPengukuran Kinerja Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Praktis)
PenulisKomar Adiwijaya
PenerbitProsafe Institute
TahunCetakan 2020
ISBN978-602-74620-6-9
Halamanviii 137
GenreNon-fiksi (literatur)
HargaRp. 100.000

Buku yang ditulis oleh seorang mantan Senior Vice President HSSE (Health, Safety, Security, Environment) ini terbilang buku yang jarang didapati pembahasannya di buku-buku K3 lainnya khususnya buku K3 berbahasa Indoenesia. Seperti judul-nya “Pengukuran Kinerja Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Praktis)”, Buku ini secara spesifik membedah seluk beluk pengukuran kinerja K3 termasuk berbagai macam jenis pengukuran kinerja K3 yang umum digunakan.

Sebagaimana sahabat AB ketahui bersama bahwa, salah satu peran dari seorang praktisi K3 yaitu sebagai statistic keeper yang mana akan berkaitan dengan pengukuran kinerja K3 dengan melibatkan angka-angka statistik menjadikan buku ini sangat penting untuk dimiliki oleh para praktisi maupun akademisi.

Pembahasan yang paling saya sukai dari buku ini adalah pembahasan tentang metode/standar pengukuran K3. Betapa tidak? Karena selain dieksplanasi secara cukup detail, juga dilengkapi dengan contoh soal dan jawaban terkait dengan pengukuran kinerja K3. Mantap betul! terlebih untuk mahasiswa agar tidak merasa asing lagi dengan pengukuran-pengukuran kinerja K3 saat terjun ke lapangan.

Leading dan Lagging Indikator yang menjadi salah satu pokok bahasan di dalam buku Pengukuran Kinerja Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Praktis)

Baca juga:

Review Buku Teori dan Aplikasi Promosi Kesehatan di Tempat Kerja

Selain itu, dibahas juga tentang permasalahan terkait dengan penghargaan K3 termasuk persepsi yang keliru dalam mekanisme perhitungan pencatatan kecelakaan, serta apa sih yang kemudian dapat dilakukan untuk menjawab permasalahan tersebut?

Dengan berbagai poin positif-nya, ada beberapa catatan dari saya tarkait buku ini seperti masih terdapat kesalahan penulisan dan diagram berbahasa asing (masih perlu dielaborasi), serta saya sih berharap supaya edisi berikutnya sudah memuat tambahan penjelasan tetang sejarah/latar belakang dari lahirnya berbagai standar pengukuran kecelakaan kerja (ANSI Z.16.3, OSHA dll).

Tentu saja buku pengukuran kinerja keselamatan dan kesehatan kerja (praktis) ini sangat kami rekomendasikan. Selain karena produk dalam negeri yang harganya terjangkau, nampaknya buku tipis ini, tidak setipis manfaatnya.

Selalu ada insight baru dari membaca sebuah buku!

Yuk sahabat AB cintailah produk-produk dalam negeri . . .hehe

Sharing is Caring

Andi Balladho

Andi Balladho Aspat Colle is certified Occupational Safety & Health (OSH) professional in Indonesia. As OSH Enthusiast, he loves to learn and share an articles about OSH.

You may also like...

2 Responses

  1. Ahmad Alfajri says:

    Artikelnya sangat edukatif, semoga websitenya memunculkan inovasi dalam mengembangkan artikel-artikel yang lebih bermanfaat untuk k3. Salam kompeten

  1. October 26, 2021

    […] Review Buku Pengukuran Kinerja K3 […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *