Review Buku Teori dan Aplikasi Promosi Kesehatan di Tempat Kerja

Judul bukuTeori dan Aplikasi Promosi Kesehatan di Tempat Kerja – Meningkatkan Produktivitas
PenulisMeily Kurniawidjaja, Suharnyoto Martamulyono, dan Indri Hapsari Susilowati
PenerbitUI Publishing
TahunCetakan Pertama, Juli 2020
ISBN978-979-456-880-4
Berat800 gram
Halamanxxiv 535
Genre Non-fiksi (literatur)
HargaRp. 180.000

“Pekerja yang sehat adalah aset, sebaliknya pekerja yang tidak sehat bukan hanya merugikan diri pekerja namun juga keberlanjutan bisnis perusahaan dan ekonomi bangsa”. Begitulah cuplikan kalimat pengantar dalam buku bertajuk Promosi Kesehatan di Tempat Kerja ini.

Teori adalah ilmu, aplikasi adalah seni. Sebagaimana isi buku ini, dengan pendekatan ilmu dan seni memaparkan cara pencegahan gangguan kesehatan terkait pola hidup (lifestyle) dan pola kerja (workstyle) menuju pekerja sehat dan selamat, khususnya pencegahan tingkat primer sebelum pekerja sakit dengan melakukan promosi kesehatan.

Terutama di tingkat organisasi pada kelompok pekerja dan secara bersamaan di tingkat individu, didasarkan pada konsep dasar dan teori pembentukan perilaku yang dikombinasikan dengan pengalaman dalam pengabdian kepada masyarakat di lapangan serta hasil penelitian yang dilakukan penulis bersama kolega, mahasiswa, dan praktisi di dalam maupun di luar Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Buku Promosi kesehatan di tempat kerja
Cover buku Teori dan Aplikasi Promosi Kesehatan di Tempat Kerja

3 pokok bahasan dalam buku Teori dan Aplikasi Promosi Kesehatan di Tempat Kerja

Buku yang ditulis oleh 3 pakar yang telah lama berkecimpung di dalam bidang kesehatan kerja ini, terdiri dari 8 bab dan pada dasarnya dapat dikelompokkan ke dalam 3 (tiga) bagian pokok bahasan.

Bagian pertama

Bagian pertama, menyajikan konsep dasar, teori dan model yang digunakan sebagai dasar pengelolaan promosi kesehatan di tempat kerja, seperti best practice dari model 5-5 pencegahan penyakit. Juga membahas tentang perilaku kesehatan pekerja sebagai objek empiris ilmu promosi kesehatan, dan teori & model perubahan perilaku serta teori pembelajaran sebagai konsep dasar promosi kesehatan khususnya promosi kesehatan pada pekerja.

Baca juga: Review Buku Konsep Dasar Toksikologi Industri!

Bagian kedua

Bagian kedua, menjelaskan tentang manajemen promosi kesehatan di tempat kerja, yaitu tentang metode, apa dan bagaimana mengembangkan program promosi kesehatan beserta langkah dan strateginya di tempat kerja atau tempat usaha yang terstruktur organisasinya.

Di samping itu, dijelaskan tentang peran petugas kesehatan di Puskesmas terutama dokter, Pembimbing Kesehatan Kerja dan Promosionis yang bertanggung jawab terhadap kesehatan masyarakat di wilayahnya, termasuk masyarakat pekerja yang belum cukup tersedia akses upaya promotif dan preventif di era baru BPJS sejak diberlakukannya pada tahun 2011.

Bagian ketiga

Bagian ketiga, membahas cukup detail tentang aplikasi perilaku hidup sehat dan perilaku kerja sehat, manajemen fatigue di tempat kerja, dan manajemen stres di tempat kerja dengan program pelaksanaannya di tempat kerja dalam upaya mempertahankan dan meningkatkan kapasitas kerja dan status kesehatan pekerja.

Penutup

Bagi saya buku ini disusun cukup komperhensif, disajikan contoh-contoh yang jelas serta pembaca dapat dengan mudah melakukan tracking pustaka-pustaka yang disadur oleh penulis. Cocok dijadikan sebagai referensi awal baik itu mahasiswa, akademisi dan praktisi untuk menyelami berbagai referensi-referensi lain terkait teori-teori promosi kesehatan di tempat kerja.

Juga karena mempraktikkan secuil teori dari buku inilah, ditambah dengan mengombinasikan dengan pengetahuan lain, kebiasaan merokok yang telah saya lakukan beberapa tahun lalu dapat saya ganti dengan kebiasaan lain yang lebih bermanfaat. Horeeee…

Sharing is Caring

Andi Balladho

Andi Balladho Aspat Colle is certified Occupational Safety & Health (OSH) professional in Indonesia. As OSH Enthusiast, he loves to learn and share an articles about OSH.

You may also like...

1 Response

  1. October 26, 2021

    […] Review Buku Teori dan Aplikasi Promosi Kesehatan di Tempat Kerja […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *