4 As: Cara Kerja Sukses ala Sandiaga Uno

Sandiaga Salahuddin Uno banyak ditanya tentang bagaimana meraih kesuksesan (cara kerja sukses-nya), baik sebagai professional ataupun pengusaha. Berkaca dari pengalamannya 20 tahun lebih sebagai seorang profesional dan pengusaha. Bang Sandi memandang bahwa kita perlu memiliki value (nilai), dan mematahkan berbagai mitos yang ada seperti “untuk sukses kita hanya perlu keberuntungan” dan “kesuksesan datangnya instant”. Nah, Value seperti apa yang Bang Sandi maksud?

Menurutnya semua kesuksesan harus dibangun dengan etos kerja 4 As yang dimana nilai ini selalu Bang Sandi tanamkan dalam dirinya. Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa etos kerja 4 As ini juga merupakan benang merah yang dimiliki oleh orang-orang sukses.

Lantas apa sih 4 As itu?

Ternyata 4 As adalah cara kerja sukses yang merupakan sebuah akronim dari kerja kerAs, kerja cerdAs, kerja tuntAs dan terakhir kerja ikhlAs

Kerja keras

Adalah sebuah pola dimana kita memberikan yang terbaik dari apa yang kita memiliki, kita memiliki daya juang, inisiatif tinggi, pola kerja yang disiplin dan etos kerja yang memastikan bahwa upaya kita benar-benar dilakukan secara all out.

Kerja keras sebagai mindset, bisa diartikan sebagai suatu fondasi yang merupakan langkah pertama untuk mencapai kesusksesan. Betapa banyak pengusaha terlihat sukses namun dibalik itu terlihat perjuangan yang mereka lakukan. Mau contoh?

Nonton ini bos Calibreworks yang pernah bangkrut hutang 5 milyar

Pesannya adalah, Anda tidak mesti bangkrut 5 M terlebih dahulu untuk menjadi sukses tetapi Anda perlu melihat bahwa ternyata hidup ini penuh lika liku tak selamanya indah. Kadang lurus bahkan kadang pun berkelok-kelok. Hmmmm…apaan sih hahaha

Kerja cerdas

Apabila bekerja sudah luar biasa, bangun pagi banting tulang, dsb. Dengan adanya pengetahuan dan teknologi kita bisa memastikan bahwa kerja kita memiliki tingkat kreativitas tinggi. kerja kita inovatif, penuh dengan solusi-solusi kekinian, karena kerja kita ditopang dengan data/informasi akurat yang selanjutnya inilah yang disebut sebagai Intelligence Quotients.

Dimana untuk mencapai suatu tujuan kita menggunakan semua yang kita miliki untuk mencapai hasil yang maksimal dengan effort yang minimal.

Kerja Tuntas

Ini adalah tantangan dari teman-teman millennials, yang mana cepat bosan. Nah, kerja tuntas adalah suatu etos kerja yang mendorong sikap yang konsisten, komitmen, sikap yang fokus pada hasil (goal oriented) dimana tidak akan pernah puas sebelum selesainya tugas dan tidak akan tidur pulas sebelum mengerjakan dengan tuntas. Asshiaaap!

Baca juga:
Meningkatkan produktivitas diri ala Stephen R Covey!
Melakukan banyak hal tapi tak kunjung selesai, itu kenapa ya?

Kerja Ikhlas

Do your best, and let God do the rest. Bukankah Perkara yang terbaik itu terjadi kerena kehendak Allah?

So, fokuskan 100% ikhtiar  kita untuk mencapai kesuksesan, setelah itu hasilnya adalah domain yang maha kuasa. Syukuri progress kalau belum bisa mencapai hasil akhir yang maksimal, anggap itu sebagai bagian daripada pelajaran. Berpositif thinkinglah. Kegagalan atau sukses yang tertunda adalah anak tangga menuju tinggi pencapaian.

Penutup

4 As adalah nilai yang harus kita junjung tinggi. Etos kerja ini akan membentuk mindset kita sehingga apapun yang kita jalani sekarang baik sebagai professional maupun pengusaha kita akan mampu mencapai kesuksesan. Semangat kita semua bisa sukses!

Semoga 4 AS cara kerja sukses ala Sandiaga Uno ini bermanfaat ya!

Referensi

Uno, Sandiaga S. Sandiaga Uno Mengajar Bisnis: Kunci Menjadi Pengusaha Sukses. Rumah Siap Kerja.

Sharing is Caring

Andi Balladho

Andi Balladho Aspat Colle is certified Occupational Safety & Health (OSH) professional in Indonesia. As OSH Enthusiast, he loves to learn and share an articles about OSH.

You may also like...

2 Responses

  1. A. Muarif says:

    Trus mnulis bro ,, tulisan mu pnuh manfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *