Bahaya! Ini Efek Samping Penggunaan Hand Sanitizer

Efek Samping Penggunaan Hand Sanitizer!

Sesuai dengan aturan protokol kesehatan coronavirus disease COVID-19, seorang karyawan menggunakan hand sanitizer berbahan dasar alkohol untuk kebutuhan personal hygiene-nya.

Efek samping hand sanitizer
Efek luka bakar dari penggunaan hand sanitizer yang harus diwaspadai

Pekerja ini menyentuh permukaan Metal sesaat setelah membasuh tangannya dengan hand sanitizer dengan keadaan belum terevaporasi sepenuhnya. Sehingga gesekan statik dari tangan dan permukaan metal mengakibatkan sumber nyala api (ignition).


Ignition dari hand sanitizer mengakibatkan api yang hampir tidak terlihat pada kedua tangan pekerja itu.


Pekerja tersebut mencoba untuk memadamkan api pada tangannya dan menyisakan luka bakar tingkat 1 dan luka bakar tingkat 2.

Ref: International Association of Oil & Gas Producers (IOGP) Alert 314 IOGP Safety (https://safetyzone.iogp.org).


Beberapa kasus lain pun terjadi, seperti menyalakan rokok sesaat setelah penggunaan hand sanitizer yang pada akhirnya mengakibatkan tangan dipenuhi dengan kobaran api.

No smoking
Gambar oleh S K dari Pixabay

Baca juga: Cara Dapat Sertifikat SNI ISO 45001 GRATIS!

Tahukah Anda?

  • Beberapa hand sanitizer berbahan dasar alkohol dan mudah terbakar dengan titik nyala 62 hingga 80° F (16,6 hingga 26,7° C). Begitu berada di atas titik nyala, uap hanya membutuhkan sumber penyalaan untuk mulai menyala.
  • Banyak hand sanitizer memiliki Lembar Data Keselamatan (SDS) yang mencantumkan bahaya dan tindakan pencegahan termasuk titik nyala.
  • Tangan yang basah dengan pembersih berbahan dasar alkohol dapat tersulut oleh percikan listrik statis atau sumber penyalaan lainnya. Orang dapat membawa muatan statis yang cukup besar untuk menyalakan bahan yang mudah terbakar.
  • Api alkohol menyala dengan api biru sangat muda yang sulit dilihat. Air dapat dengan cepat memadamkan api kecil dari kebakaran alkohol.

Baca juga:
Cegah mata lelah dengan teknik 20-20-20!

Bahaya Karbon Monoksida si Silent Killer!

Apa yang dapat Anda lakukan?

  • Saat menggunakan hand sanitizer berbahan dasar alkohol, biarkan hingga benar-benar kering sebelum melakukan tugas lain yang dapat menyulutnya.
  • Baca SDS (Safety Data Sheet) untuk semua material yang Anda tangani, bahkan yang tampaknya tidak berbahaya.
  • Simpan pembersih tangan berbahan dasar alkohol sesuai dengan SDS dan jauh dari sumber cahaya dan panas yang dapat meningkatkan mudah terbakar dan mengurangi keefektifannya.
  • Bagikan informasi ini kepada keluarga dan teman-teman Anda agar mereka tidak mengalami kejadian serupa.

Gunakan hand sanitizer secara bijak, karena efek samping dari penanganan hand sanitizer yang kurang tepat dapat membahayakan diri Anda!

Sumber:

Aiche. 2020. Hand Sanitizer Hazards at Home and Work.

Sharing is Caring

Andi Balladho

Andi Balladho Aspat Colle is certified Occupational Safety & Health (OSH) professional in Indonesia. As OSH Enthusiast, he loves to learn and share an articles about OSH.

You may also like...

3 Responses

  1. Tenry Liu says:

    Mantap
    Penting untuk mengetahui hal” yang harus dihindari setelah penggunaan Hand Sanitizer. Dan blog ini sangat bermanfaat

  2. Prabowo says:

    Dulu teman sy jg tangannya kebakar gara-gara mau nyalain korek buat ngerokok, kemungkinan besar itu penyebabnya krn hand sanitizer belum terlalu kering ditangannya, untung sj masih bisa tertolong, krn jujur sj sebagian besar masyarakat indonesia menganggap hal yg sepele dan tdk memikirkan dampak yg akan terjadi pada dirinya, thankd sdah buat artikel yg kyk gini spya orang-orang pada paham setelah memakai hand sanitizer usahakan dikeringin dulu, agar mencegah terjadinya hal-hal yg tdk di inginkan..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *